Minggu, 25 November 2018

Pohon Di Depan Rumah

Kami memiliki pohon besar di depan rumah, yang unik dari pohon ini adalah kami tidak pernah melihat pohon jenis ini dimanapun kecuali tempat-tempat tertentu misalnya di Kebun Raya. Keuinikan lainnya dari pohon ini adalah ketika meranggas, daunnya berguguran dalam satu waktu hingga daun yang lama habis dan pohon terlihat gundul. Setelah itu dalam waktu 2 - 3 hari, daunnya kembali muncul menjadi daun baru. Anak-anakku suka bermain diatas tumpukan dedaunan yang berguguran, layaknya menemukan harta karun yang tidak dapat ditemui setiap saat. Ketika masa daun pohon ini gugur tiba, kami sekeluarga akan keluar di pagi hari menuju halaman dan menyapu bersama-sama sekalian mengawasi anak-anakku bermain daun.

Kondisi daun ketika meranggas
(Sumber : koleksi pribadi)

Setelah 7 tahun kami tinggal di rumah dinas sebuah instansi swasta/semi pemerintah/stsatus yang membingungkan (heheheeee), barulah timbul rasa penasaran akan pohon ini. Selain karena daunnya yang mudah rontok dan penghasil sampah terbesar di halaman depan rumah kami, dan lain halnya kami jarang menemui pohon tersebut. Menurut informasi dari tetangga ketika kami menanyakan jenis pohon depan rumah kami, meraka menyebutkan bahwa pohon tersebut merupakan pohon bawaan dari belanda, yang notabene rumah dinas kami adalah rumah peninggalan jaman belanda. Mereka juga mengatakan bahwa pohon tersebut adalah pohon langka.

Tak selang beberapa lama, tiba-tiba ada seseorang mengetuk pintu kami. Ketika kami membuka pintu, seseorang yang tidak kami kenal langsung mengucap salam dan menanyakan perihal pohon kami. Dia mengungkapkan keinginannya untuk membeli pohon tersebut dengan cara mencabut pohon besar itu secara hidup. Sontak kami menolak tawaran tersebut, mengingat rumah kami adalah rumah dinas, dimana seluruh properti adalah milik instansi.

Dari tawaran pembelian pohon tersebut kami pun makin penasaran akan pohon itu. Kami browsing berusaha mencari nama pohon itu, berdasarkan dari deskripsi pohon besar yang memiliki bunga menggantung dan buah lonjong yang menggantung.

Contoh buahnya (sumber : internet)

Contoh bunganya (sumber internet)

Setelah kami mencocokkan deskripsi pohon tersebut, dan melihat masing-masing gambar buah dan bunganya yang memiliki kecocokan. Maka kami pun memperoleh nama pohon tersebut adalah Kingelia Africana (Lam.) Benth. Dan kami juga kaget melihat informasi bahwa pohon tersebut memiliki banyak manfaat antara lain : Kulit dan akar pohon bermanfaat untuk mengobati bisul; ekstrak buah berguna sebagai salep kulit dan produk kecantikan; buah mempunyai sifat antibakteri; anti jamur; sebagai obat sakit kanker; sebagai obat antioksidan dan kesuburan pada laki-laki; sebagai obat analgesik dan Anti inflamasi serta sebagai obat penyakit malaria, antiprotozoal, diare. 

Berikut adalah contoh pohon Kingelia Africana (Lam.) Benth. Karena kami tidak memiliki kamera yang layak untuk mendokumentasikan pohon tersebut. Selain itu pohon kami tersebut tegolong masih berusia belia, mengingat ukurannya yang belum terlalu besar dan kanopinya belum terlalu lebar. Sehingga lebih menarik jika kami tampilkan contoh pohonnya yang berbentuk besar.

Sumber : internet


-Mama Z "the Wicaksono's"-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar